Salam Pemberdayaan Yes, Penggusuran No ! DPD APKLI Surabaya 2011-2014

Minggu, 03 Juli 2011

Untuk menata pedagang kaki lima (PKL) diberlakukan ujicoba Sunday Market.

Untuk menata pedagang kaki lima (PKL), Pemerintah kota administrasi Jakarta Pusat akan melakukan ujicoba Sunday Market. Rencananya, ujicoba ini akan diberlakukan di tiga wilayah, yakni Jalan Sidoarjo, Jalan Blora, Menteng dan kawasan Bendungan Hilir, Tanah abang.







Sebelumnya, ujicoba serupa juga pernah dilaksanakan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman - Thamrin, beberapa waktu yang lalu. Sebanyak lima titik lokasi dijadikan tempat ujicoba Sunday Market. Tapi karena lokasi dan pelaksanaannya, masih bersifat ujicoba, sehingga belum diketahui apakah disetujui atau tidak.

Walikota Jakarta Pusat, Saefullah, mengatakan, konsep Sunday Market pertama kali dicetuskan oleh para pedagang kaki lima. Usulan tersebut pun ditindak lanjuti, karena dianggap dapat mengatur keberadaan pedagang kaki lima (PKL) agar lebih tertib dan teratur. "Dengan adanya Sunday Market, mudah-mudahan dapat menjadi peluang ekonomi yang baik dan maksimal bagi para pedagang kaki lima," kata Saefullah.

Sesuai konsep Sunday Market, lanjut Saefullah, hanya diperuntukkan bagi pedagang makanan dan minuman, sedangkan pedagang lainnya tidak diperbolehkan menggelar dagangannya. Terlebih mengingat kondisi lokasi yang berada di Jakarta Pusat saat ini sangat terbatas. "Pedagang tak diperbolehkan membangun lokasi berdagang yang permanen," lanjutnya. [mvi]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar