Salam Pemberdayaan Yes, Penggusuran No ! DPD APKLI Surabaya 2011-2014

Selasa, 28 Juni 2011

Dongkrak Wisman, Disbudpar Jatim Kembangkan Desa Wisata

ZONABERITA.COM - Untuk mendongkrak jumlah wisman, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim terus melakukan langkah antisipatif. Salah satunya, dengan mengembangkan program desa wisata di beberapa wilayah kabupaten/kota.
Program ini diharapkan mampu mendongkrak jumlah wisman, sekaligus meningkatkan ketrampilan dan perekonomian masyarakat setempat.


“Desa wisata ini diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan disamping obyek-obyek wisata yang sudah ada di Jatim. Selain itu juga ikut mengembangkan sumber daya manusia di wilayah tersebut,” kata Kepala Disbudpar Jatim Jariyanto, Senin (27/6/2011).
Sementara itu dari beberapa desa wisata yang dikembangkan, Jatim patut berbangga karena salah satunya menjadi satu dari 11 desa wisata percontohan di tanah air.
Desa wisata tersebut adalah Desa Sidoharjo Kecamatan Kota, Kabupaten Pacitan. Di wilayah itu terdapat wisata bahari dan perkampungan nelayan serta sentra home industry bakso ikan tuna tanpa pengawet.
Di Tulungagung, ada Desa Wisata Sendang yang berada di Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Ini merupakan desa wisata yang mempunyai banyak daya tarik. Mulai dari seni batik, gamelan, agrowisata hortikultura dan peternakan sapi perah. Di desa ini juga terdapat pengolahan biogas yang sempat diliput TV Dinasty Tang dari China. (isp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar